Tuesday 12 July 2011

Suamiku itu...

Di suatu hari, saat saya dan seorang teman sedang menikmati makan siang bersama, lesehan tanpa tikar, teman saya berkata begini,”Duh, iri rasanya kalo ngeliat si A”, matanya memandang pada teman saya yang lain, yang sedang sibuk mengerjakan sesuatu. Saya bertanya,”Kenapa?” Teman saya melanjutkan,”Iya, kalau liat si A, enak rasanya, Liat aja tuh, sementara A sibuk, suaminya mau jaga anak sambil mendorong-dorong kereta bayinya, kalau pergi kemana-mana juga pasti dianterin, dan pasti ditungguin”. Sambil tersenyum saya pun ikut memandang teman saya si A, dan hanya menjawab dengan pertanyaan,”Kompak ya?”

 

Teman saya pun meng-iyakan pertanyaan saya.

Kemudian dia melanjutkan,”Gak kayak si mas (suaminya), tadi aja mau berangkat kesini dimarahin gara-gara…bla..bla…bla…” Intinya sang suami tidak mendukungnya ketika sang isteri membutuhkan dukungan. Ketika suaminya sedang ada acara, sang isteri tidak boleh menghubunginya sama sekali (meskipun ada keperluan dengan sang suami), baik melalui pesan singkat sms, apalagi meneleponnya, sementara ketika sang isteri sedang melakukan kegiatan, sang suami boleh-boleh saja mengganggunya kapanpun. Egois? Mungkin.. Silahkan berfikir sendiri...

 

Saya hanya terdiam mendengarkan keluhan teman tersebut. Hanya sesekali mulut saya menggumamkan kata,”ooh”…”emm’’”. Tak tahu mau jawab apa. Pengalaman saya belum sampai kesana. Kalaupun saya ingin memberi saran, nanti dibilang sok tahu. Yang bisa saya lakukan hanya mendengarkan dengan tekun curahan hatinya, berharap dengan begitu bebannya bisa sedikit berkurang.

 

Dalam hati saya mempertanyakan juga sikap suaminya (dan mungkin suami-suami lain yang seperti itu), apa salahnya bila suami mendukung kegiatan isterinya jika kegiatan itu dapat membawa kebaikan? (apalagi aktivitas dakwah). Apa salahnya jika suami dapat menjaga anak mereka barang sejenak (sejenak disini hanya dua jam dalam seminggu yaa, gak setiap hari lho) jika sang isteri sedang membutuhkan waktu untuk menambah ilmunya?

Terkadang dukungan bukan berarti harus mengantar jemput sang isteri setiap waktu ketika isteri harus bepergian. Dengan menyetujui/mengiyakan dan membiarkan isteri mempunyai waktunya sendiri, itu sudah cukup menandakan dukungan. Dengan ikut menjaga anak ketika isteri sedang beraktivitas (catet : aktivitas syar’I yang memang mengharuskan dia keluar ya) itu juga bentuk dari dukungan.

 

Dengan adanya dukungan, pastinya sang isteri dapat menjalani aktifitasnya dengan  tenang dan bahagia, sehingga insya Allah hasil kerjanya dapat lebih baik.

Alangkah indahnya melihat kekompakan itu, kekompakan suami dan isteri dalam beraktifitas, seperti yang saya lihat pada teman A.

 

Bahkan sekedar jawaban persetujuan bisa jadi sudah sangat menyenangkan bagi sang isteri. Misalnya ketika isteri sedang memakai baju baru, kemudian menanyakan,”Mas…Bagus gak bajunya?” Cukuplah dijawab,”Bagus”… Saya yakin hal itu pasti sudah membuat hati isteri berbunga-bunga (meskipun pada kenyataannya baju itu gak bagus dalam pandangan suami…hehehe..). Atau kalaupun ternyata gak cocok, ya bisa diberitahu dengan cara yang baik misalnya,”Bagus Dek, tapi kayaknya lebih cocok pake yang ini..”

Bukan dengan kalimat,”Gak ada bagus-bagusnya tuh baju dipakenya…ganti!” *langsung merengut/mangkel isterinya…hihi*

 

Berkaca pada pengalaman teman ini (ya pastinya setiap suami atau isteri mempunyai kekurangan masing-masing), saya jadi berharap, semoga saja kelemahan suami saya kelak bukan pada hal ini. Semoga saja suami saya nantinya adalah orang yang paling mendukung apapun kegiatan-kegiatan positif yang saya lakukan, supaya hati ini lebih tenang ketika menjalaninya dan dapat menghasilkan sesuatu yang lebih maksimal.

 

*sekedar coretan, mengamati curhatan teman, semoga ada hikmahnya… maaf klo saya terkesan sok tau....hihihi, buat mak-mak/bapak-bapak yang lebih berpengalaman, boleh tambahin... atau kritik saya, tapi jangan dilempar sendal*

33 comments:

  1. Amiiiin untuk doa suami idamannya... :)

    ReplyDelete
  2. ehem, temennya dah pernah ngomong apa maunya ke suaminya blum ^_^
    *sekedar tanya*

    ReplyDelete
  3. udah sering... dan tetep aja si suami gak mau peduli...

    ReplyDelete
  4. lempar wungkal bolehkah? *cuma nanya :D

    ReplyDelete
  5. waaa....lebih berat... mendingan sendal klo begitu sih mah, masih gak benjol klo kena...hehe...

    ReplyDelete
  6. ini cocoknya dilempar wungkal. wkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. baiklah kalo maunya sandal.... *siapin sandal teklek kayu jati asli setengah kodi*




    buat dijual di mushola mba :p

    ReplyDelete
  8. wungkalku cuma 1 je mba. Minta mba niez aja gih....

    ReplyDelete
  9. hadeehhh.... sama aja bo'ong kalo itu maahh.... tetep benjol dong mah... hiks

    ReplyDelete
  10. emang yang satu udah buat ngelempar siapa mah? *curiga*

    ReplyDelete
  11. Perlu ditanyakan knapa suaminy bgtu..

    ReplyDelete
  12. *tambah curiga*
    frens, disini ada yg benjol gak palanya? klo ada itu berarti dari lemparan mamah ya...hihi..

    ReplyDelete
  13. iya, nanti ditanyakan kapan-kapan kalau kebetulan si isteri curhat lagi...

    ReplyDelete
  14. kalo suamiku..
    "ay bagus ga?"mejengin baju baru ceritanya..
    Daddy: "emh...kayak emak2 say.."
    saya:"masa sih.."
    ganti lagi baju yg lain..
    me:"yang ini bagus ga ay?"
    Daddy:"nah kalo yg itu aa suka..^^"
    kalo Daddy biasanya jujur jadi mau bagus atau tidak ya diomongin..hehheh..

    ReplyDelete
  15. hehe... yang penting cara ngomongnya halus ya teh (gak ketus)... gak bakal sakit hati kok walaupun jujur...

    ReplyDelete
  16. oowh yg temen teteh itu suaminya ketus yah..
    T_T
    pulang ke mamah aja ah...
    :D

    ReplyDelete
  17. gak tau ketus atau gak... ^_^

    mau minta wungkal ke mamah? :)

    ReplyDelete
  18. itu...batu yg buat ngasah pisau teh... ^_^

    ReplyDelete
  19. hihihi... mamah depin tuh yg suka bawa *lirik mamah lagi*

    ReplyDelete
  20. berkaca dari pengalaman temen juga yang minta pisah dari suaminya karena selalu dibilang jelek. pun nggak jauh dari adiknya yang dimintain pisah sama istrinya karena istrinya ga betah miskin..

    kalo udah dicurhati begitu, aku mau komen apa coba? *yang lagi sedih hati habis denger crita temen

    ReplyDelete
  21. wah... sama ya angky, abis dicurhatin juga... iya, kadang kita bingung, takut salah omong, yg paling aman ya kita hanya mencoba jadi pendengar yang baik...

    emm... itu suaminya temen, paling ganteng sedunia kali ya? kok isterinya selalu dibilang jelek... -_-
    ya namanya juga ada pasang surut, kadang di atas (kaya) kadang di bawah (miskin)... mungkin itu pas keadaan lagi di bawah, isterinya gak bisa tahan...hhmm...sedih juga klo begitu..

    ReplyDelete