Sunday 17 July 2011

[Random Snippets Kitchen] OREO Mini Cheesecake

Sebagai penyuka makanan apa aja, (kecuali buah kesemek :p... karena rasanya tanggung, manis gak, asem juga gak, trus tekstur buahnya kok kayak bit ya?? ditambah lagi buah ini selalu pakai bedak...iihh buah yang genit...hehe... eh..malah ngelantur ke kesemek...maap :p), tentunya saya juga sangat menyukai coklat dan keju. Makanya, begitu ada lomba masak yang diadakan mba Vina di sini dan diantaranya ada resep Oreo Mini Cheesecake ini yang memadukan rasa coklat dan rasa keju, saya langsung mantap memilih resep ini sebagai resep yang pertamakali akan dicoba...

Di resep ini saya pakai 14 buah Oreo (di resep pakai 12 buah), karena sewaktu adonan sudah dituang semua, ternyata masih ada kelebihan, makanya saya tambah lagi 2 buah dan yang dua itu pakai loyang muffin yang terpisah, jadi total pake dua loyang (gak penting banget ya jelasin soal ini? *garuk2*).

Bikinnya agak-agak riweh, pasalnya keponakan saya, Shafaa, sempat ikut-ikut mau bikin juga, plus tanya macam-macam... Pertanyaan semacam,"Apa tu ni?" (dia menyebut kata "apa itu apa ini" menjadi "apa tu ni" ^_^) terus keluar dari mulutnya, membuat saya agak pusing menjawab pertanyaan-pertanyaannya, dan jadi gak terlalu konsentrasi (beuh..gayanya :p) dalam pembuatan kue ini. Akibatnya, gula pasir yang seharusnya 1/2 cup, sempat saya takar jadi 1/4 cup. Untung saja pada waktu mengocok saya langsung cek lagi resep dan saya ingat baru menakar 1/4 cup, jadi tinggal ditambah kira-kira berapa sendok supaya jadi 1/2 cup.

 

Pada saat harus menghancurkan Oreo, saya bingung. Dipatah-patahin kurang hancur. Mau diblender takut terlalu hancur. Akhirnya, saya masukkan semua Oreo itu ke dalam plastik, trus diketok-ketok pake ulekan....hihihi... hancurnya sesuai harapan..

Proses pengocokan lancar. Kemudian pemanggangan. Pada saat memanggang, saya baca di resep Mba Vina kalau kue dipanggang 20 menit. Tapi dasar bandel, waktu saya liat di oven adonan sudah mulai naik dan sudah 20 menit, saya berfikir untuk menambah waktu 5 menit lagi. Jadi kue yang saya panggang ini 25 menit, tidak sesuai harapan. Akibatnya kue menjadi agak hangus, dan teksturnya agak padat sedikiiittt, tapi masih tetep lembek, apalagi pas bagian Oreo-nya (lho Oreonya juga udah coklat warnanya ya? :p). Jadi kue saya gak cantik. Gak seperti yang di resep..hiks...

Untungnya, kue itu tetap enaakk... Buktinya, semua suka. Adek saya suka, dia bilang kayak makan es krim. Keponakan saya, Danish, yang susah makan, ternyata suka juga. Apalagi Shafaa... Alhamdulillah, berarti termasuk berhasil menurut saya, walaupun agak gosong...hihihi... *ngeles*. Ya sudahlah, gak apa-apa, lain waktu mau coba lagi, yang gak hangus ^_^. Terima kasih Mba Vina, udah berbagi resepnya

Ini dia resepnya : OREO Mini Cheesecake

Bahan-bahan :

14 buah OREO Cookies, dibiarkan utuh

3 buah OREO Cookies, dihancurkan
1/2 cup gula pasir
250 gr cream cheese (suhu ruangan), saya pake merk Yummi (ketemunya itu di supermarket)
1/2 sdt vanilli bubuk

2 butir telur ukuran besar, dikocok lepas
1/2 cup yogurt plain

sedikit garam (seujung sdt aja)


Cara membuat :

1. Panaskan oven 150 C (275 F). 

Letakkan paper cup diatas loyang muffins (Cetakan muffin umumnya 12 lubang, saya pake Oreo 14  buah jadi dua loyang, nanggung ya?).
Tata biskuit OREO pada masing-masing cup.

 

2. Dengan mixer kecepatan medium, kocok cream cheese sampai halus.
Tambahkan 1/2 cup gula, kemudian vanilla.
Tambahkan telur yang sudah dikocok ke dalam mixer yang tetap menyala

3. Tambahkan yoghurt plain dan garam. Masukkan kremesan OREO, aduk rata. Tuang adonan ke dalam muffin cup sampai hampir penuh.

 

4. Panggang sampai bagian pinggirnya mengeras tapi bagian tengahnya masih agak lembek, sekitar 20 menit. Dinginkan diatas rak kawat beserta loyangnya. Bungkus loyang dengan plastik, masukkan ke kulkas sampai dingin (di resep mba Vina, disimpan di kulkas 4 jam atau semalaman, tapi saya, asal udah dingin langsung dimakan, gak sabaran mau nyoba ). 

5.  Keluarkan kue dari loyang, dan lepaskan cake dari wadahnya.
Tata mini cheesecake diatas piring dengan membaliknya, sehingga bagian atas berada dibawah dan biskuit OREO keliatan.

42 comments:

  1. Haaaa..ini resep gak bakalan bisa kubuat...huuu..sedih, padahal aku ngiler liat kuenya...enaaak banget sepertinya...hik hik hik..btw kesemek kuwi enak lho mba, ada kesemek gak pake bedak..tapi harganya mahal bgt, rasanya enak seger manis kriak kriak..yah malah ngomong kesemek..wkwkwkkwwk

    ReplyDelete
  2. I loove cheesecake

    Pengen banget belajar baking, tapi ga punya oven :(

    ReplyDelete
  3. hehehe... kenapa gak bisa mba? lagi blom bisa ya (mual2)? nanti klo dedeknya udah lahir mungkin baru bisa ya mba...
    gak tau deh, aku gak suka mba sama kesemek...hihi... udah pernah dicobain, tapi tetep aja gak suka... kesemek yang gak pake bedak itu import ya mba? nanti kucoba deh, siapa tau jadi suka kesemek nantinya....haha...

    ReplyDelete
  4. Ngeces ih

    Yaaaah pake oven yah ? T_T

    ReplyDelete
  5. toss...I also love cheesecake... ^_^

    ReplyDelete
  6. hihi...ternyata bikin ngeces juga... padahal harusnya oreo-nya keliatan semua Dan.. Jadi cantik keliatannya... Ini ada yang ketutup adonan :p

    iyaa...pake oven ^_^

    ReplyDelete
  7. akuu...tidaakk... :)
    enaknya apa sih mba? kasitau dong, kali aja aku jadi suka gara-gara dengerin mba Niez soal enaknya kesemek ^_^

    ReplyDelete
  8. empuk manisnya pas saja hehehe..

    ReplyDelete
  9. Yaaa..bukan krn mual mba, aku sih alhamdulillah gak ada mual2x, jadi mau masak atau makan apa aja ayo..gara gara gak punya mixer ama oven mba...hihihi, kesemek import enak mba, sakjane ya gak beda ama lokal kayaknya..cuman lebih manis dan cantik wae warnanya..

    ReplyDelete
  10. kelihatannya lezat, mbak Iah. Btw, buat yang gak punya oven dan mau mengolah oreo, ternyata biskuit ini bisa juga digoreng semacam bikin pisang goreng begitu

    ReplyDelete
  11. ooh... kirain... kalau diaduk pake adukan tangan mungkin masih bisa ya mba... tapi kalo oven, mau gak mau.... pake...hehehe...
    kesemek import yang warnanya lebih orange kayaknya ya mba?

    ReplyDelete
  12. iya dok, enak... apalagi kalau masaknya gak kematengan seperti ini, enak kayak es krim teksturnya.. oreo goreng dibalurin pake terigu juga dok? wah menarik tuh... boleh dicoba kapan2 ^_^

    ReplyDelete
  13. alamatnya? :)
    harus pake kilat khusus kang, biar tetap fresh *gaya :p*...

    ReplyDelete
  14. nah, manisnya itu mba... buatku rasanya nanggung... kalau ada, mau yang lebih manis...hehehe...

    ReplyDelete
  15. lho aketinggalan bacanya heuheu..itu yah penampakan cheese cream wedeew mahal jg yah..aku ga punya loyang model begitu teh hihihi..
    potonya bagus lho..
    eh itu langsung dilepasin dari kulkas jadi aja ga mulus body kuenya hehhe*sok tau*
    pengen bikin...tapi tapi ga punya loyang:D
    dan chesecream nya,,hehe

    ReplyDelete
  16. hehe.... iya teh, segitu cheese cream sekali pake (250 gr)... aku kebetulan pernah beli buat bikin muffin.. fotonya burem gitu ah teh... hehehe...
    jadi supaya mulus gimana atuh? abis dari kulkas jangan langsung dilepasin ya?
    kalo gak ada loyang muffin, kayaknya pake loyang satuan yang buat bikin kue bolu kukus, bisa juga teh... tinggal taroh di atas loyang kue kering (yg datar) buat alas, trus masukin oven deh..modifikasi...hehehe

    ReplyDelete
  17. kalo loyang satuan buat mufin sih punya cuma agak gede :D, tinggal cheesecreamnya berarti :(
    kalo kata mbak evia mah harus sabar menunggu semaleman sebelum dilepasih hihi tapi ga tau saya kan ga pernah bikin teh hehe, cuma dulu pernah nanya aja..^^

    ReplyDelete
  18. ooh gitu ya....hihihi.... emang dasar gak sabaran, jadinya begitu akibatnya...
    lain kali dicoba lebih sabar deh, menunggu semaleman...hehe... nuhun atuh...

    ReplyDelete
  19. heuheu sama2 hee jadi malu, maaf ya teh udah sok tau..:D

    ReplyDelete
  20. kenapa minta maaf? hehehe.... justru seneng ada yang mau kasitau :D

    ReplyDelete
  21. gak lah teh.... bagi-bagi ilmu... jadi bisa tau biar hasilnya lebih bagus...hehe..

    ReplyDelete
  22. asek diposting juga akhirnya.
    yang gosong enak juga ya rasanya? dalemnya tetep menul2 kan.

    ReplyDelete
  23. hehe...iya mba, tetep enak, untungnya gak terlalu parah gosongnya... itu lewat 5 menit dari yang seharusnya :p
    dalemnya tetep menul2, makanya tetep kayak es krim ^_^, cuma gak semulus dan seputih yg mba evia bikin...

    ReplyDelete
  24. mungkin karena ngletekinnya keburu buru. mungkin loh. aku baca di keterangannya, gak dimasukkan kulkas kan?

    ReplyDelete
  25. eh dimasukkan deng, tapi kurang lama.

    ReplyDelete
  26. udah dimasukin ke kulkas mba... cuma emang gak lama, yg penting udah dingin...hehe :p

    ReplyDelete
  27. cihuuuuiii... bikin juga! aku masih belom bikin apa2 nih...

    ReplyDelete
  28. padahal aku lebih suka cari kue yang agak gosong. lebih sedep rasanya hehehe.
    boleh dong kirim satu kemari hehehe

    ReplyDelete
  29. hehe...malu sama senior...
    buat mba ning sih gampang, sehari juga bisa bikin beberapa menu....hehe...

    ReplyDelete
  30. kalo gosong ada bau khasnya ya? hehehe :p
    yaahh, udah abis dari kemaren.... telat mintanya....hihi...

    ReplyDelete
  31. hyaahhh... telat jugaa.. dah habis mba...hehe..

    ReplyDelete
  32. dirujak gula merah enak.. ato bikin salad buah deh.. rasanya itu loh lain dari lain..

    ReplyDelete
  33. kayanya kurang dalam masukin oreonya ya jadi ada yang merembes kebawah.. ato kecairan?

    ReplyDelete
  34. aku gak tau mba, bisa jadi dua-duanya, kurang dalam masukin oreo dan kecairan juga (makanya kelebihan ya jadinya 14 buah?).
    boleh sekalian tanya? kalau kecairan sebabnya kenapa tuh mba? ^_^

    ReplyDelete
  35. takarannya sesuai kan? harusnya ga kecairan deh ya.. ku juga udah bikin, dan iya oreonya ku padetin paling bawah, jadi ga ada ruang buat adonan merembes.. mungkin telornya kegedean ato yogurtnya kebanyakan?

    ReplyDelete
  36. iya mba, takaran sesuai petunjuk resep. jangan2 yoghurtnya yg kebanyakan ya... aku kira2 ukurnya, pokoknya setengah cangkir... nanti mau coba bikin lagi mba... mudah2an lebih bagus hasilnya.. makasih ya mba ^_^

    ReplyDelete
  37. Perjuangannya super, yes? hihi!
    Emang ribet kalo pas masak direcokkin ama krucil-krucil, mb ... :D

    ReplyDelete
  38. ah... yang punya hajat dateng...hehe... * jadi malu*
    iya mba, soalnya krucilnya blom bisa bantuin, baru bisa ngerecokin sama tanya macam2 aja :D

    ReplyDelete