Sunday 23 January 2011

Apakah Hobi Anehmu?

Semua orang, bisa dipastikan pasti punya hobi, walaupun itu hobi makan sekalipun (jangan ada yang bilang hobi bernafas yak! itu sih udah seharusnya...hehehe...:p..). Ada yang hobi membaca, traveling, koleksi benda-benda, merajut, hobi uwer2 kawat indah dan artistic (kayak aku dan teman2ku :)...) atau apapun itu, pasti punya hobi. Tapi adakah diantara hobi kita itu yang agak aneh?

Kadang bisa juga hobi itu bagi kita biasa saja, tapi orang menganggapnya aneh. Atau kita bilang hobi kita itu aneh, tapi buat orang lain biasa saja. Seperti yang kualami, ada satu hobi yang bagiku biasa saja, tapi mungkin buat orang aneh, atau mungkin biasa juga buat orang lain....hehehe... Apapun sebutan itu, biasa atau aneh, asalkan kita senang melakukannya dan selama hal itu tidak merugikan orang lain, bahkan mungkin bisa bermanfaat, yak lakukan saja! :)

Salah satu hobiku yaitu senang memperhatikan langit, baik itu siang maupun malam. Di saat siang, aku senang memperhatikan awan yang putih melayang dengan latar belakang birunya langit yang indah. Percaya atau gak, kadang bentuk awan itu mirip sesuatu yang ada disekitar kita, tapi itu tergantung bayangan dan fikiran kita masing-masing. Kadang aku melihat awan itu seperti burung, wajah seseorang, atau bisa juga berbentuk hamparan padang rumput atau padang pasir... Kadang ia juga bisa berbentuk seperti air terjun, atau lain waktu seperti hamparan salju yang berundak-undak. Bagiku sangat menghibur. Entah, bila kumemandangnya, rasanya selalu takjub dan serasa mendekatkanku pada Allah SWT. Hatiku serasa terhibur. (Tapi belakangan ini jarang kubisa melihat awan yang bagus, karena mendung selalu memayungi langit Jakarta..)

Di saat malam, aku senang memperhatikan bulan dan bintang. Rasanya tenang memandang bulan, baik itu sedang purnama, ataupun sedang sabit. Apalagi ditambah bintang-bintang yang berkelap kelip. Mata ini selalu melotot sambil mendongak ke atas...kadang sampe pegel nih leher, saking lamanya mendongak...hehehe... Pernah juga pas lagi malesnya mendongak, aku gelar tikar di teras trus bawa bantal n tidur sambil memandang bulan dan bintang... lampu teras dimatiin.... uhuyy!!...asyiiikk...hehe... ya mau gimana lagi yak! orang udah hobi sih... :p

Untungnya, aku punya tetangga yang juga hobi mantengin bintang n bulan. Waktu itu, kita selalu janjian ngobrol di depan teras rumahku, sambil mandangin bulan & bintang. Diskusi bintang mana yang paling terang, warnanya apa, merah, biru atau kuning. Secara kita berdua bukan ahli astronomi, jadi gak tau nama-namanya, pokoknya diliat yang paling terang aja :p... Gak peduli itu udah tengah malem jam dua belas, selama blom ngantuk, yah, duduk aja dan ngobrol disitu berdua... akrab... aku dan si Etty...hehehe... Pernah juga kita berdua berdiri di tengah jalan, walaupun bukan jalan raya (soalnya udah malem banget jadi jalanan sepi), mantengin bintang sambil nunjuk-nunjuk ke atas... Kadang ada orang yang lewat, memperhatikan kita, dari ujung kepala sampe ujung kaki. Mungkin orang itu fikir "aneh ni cewek berdua, malam-malam gitu berdiri di tengah jalan, menghalangi orang lewat"....haha... *gak lah, jalanannya lebar koq, gak mungkin kita menghalangi*

Lain waktu, selama berhari-hari aku gak rela menutup gorden jendela kamar di waktu malam. Pasalnya waktu itu bulan purnama lagi terang-terangnya bersinar. Sayang banget kalo jendela ditutup... Kubiarkan aja sinar bulan masuk kamar, dan kumatiin lampu, biar tambah terang... Kadang aku mengkhayal punya kamar yang atapnya bisa dibuka tutup (kayak mesjid di Madinah itu lho...hehe..), jadi klo malem bisa dibuka aja tuh atap, blong... kayak punya atap langit *asalkan bukan musim hujan aja, bisa banjir deh kamar klo kehujanan....hihihi :p*

Tapi, sayang, sekarang ini lagi musim hujan. Udah lama aku gak pernah bisa melihat indahnya langit, baik di saat malam, ataupun siang... Hanya kadang di sore hari aku bisa mengintip sedikit keindahannya, langit kuning bercampur abu-abu yang bergumpal-gumpal mirip gundukan gunung, di kala hujan baru saja reda.. Indah bangeettt... Hiburan gratis... Anugerah Allah SWT... Adakah yang punya hobi yang sama denganku? Pasti ada deh.... Aneh gak? Gak terlalu aneh kan? :)

22 comments:

  1. Seandainya kamarku bs lgs liat bulan,aq pasti ngelakuin hal yg sama mb iah..sirik d

    ReplyDelete
  2. aku dulu sma suka bengong liatin langit, dulu kamarku paling atas di loteng jadi pas bener2 ga ada awan, cahaya kamar ya bulan =) apa ya hobi anehku, aku paling susah buang2 brg2... belum sampe ocd (obsessive compusive disorder) tapi aku mikirnya: org ini udah beliin kartu masa cuman dibaca sekali trus dibuang? 3thn kemudian aku temuin kartu ultahnya walaupun itu dr org yg aku ga suka tp ga tega bgt buangnya :s ada pita tergeletak, hmm kayanya bisa ada kegunaannya di masa depan pasti, aku simpen.

    ReplyDelete
  3. waahh.. klo aku suka poto awan pas siang harii... bentuk ny kadang kerennn bangettt.. XD

    hobi ku yg paling aneh kek ny hobi makan beras.. :"} dulu pas kecil sampe SMA jagain toko sembako ny opa, banyaak beras disana,jadi sambil jaga toko, sambil ngemil beras.. :P sejak kuliah uda mendingan sih, kadang klo keinget beras, pengen ny nyaplok aja, tapi sekarang uda aku cuci dulu beras ny sebelum tak makan.. :P o iya, yang aga memalukan,klo ke swalayan aku kudu menghidari jejeran beras yang di buka, klo lewat situ, pasti tangan ini nyomott, dan happp.. masuk mulut... :"} keuntungan dari hobi aneh ini, aku bisa tau beras mana yang enak mana yang kurang enak, dari bentuk beras nya,pas di raba ditangan dan pas di makan mentah.. XD

    ReplyDelete
  4. dek.. coba liat langit.. bisa kasih nomor wangsit ? :))

    ReplyDelete
  5. *toss*..... ternyata fita suka juga liat bulan...hehehe.. kebetulan jendela kamarku tinggi fit, jadi bisa langsung keliatan klo ada bulan :), walaupun klo liat ke sebelah itu rumah tetangga....xixixi...

    ReplyDelete
  6. ya ampuuunn.... sama juga mba klo begitu... aku juga begitu, suka sayang buang sesuatu dari orang, walaupun itu cuma kartu ucapan atau batu kerikil sekalipun :), kenang-kenangan dari orang harus dihargai (begitu pendapatku :)...). fikiran yg sama, aku juga mikir, mungkin ada gunanya itu barang... tapi walaupun udah gak bisa dipake tapi ada sejarahnya tetep aja disimpan... makanya di rumah sering ditanyain, "ini barang-barang dipake gak?... kok disimpen aja?..."...hehe.. :p

    ReplyDelete
  7. klo aku gak bisa foto awan, masih harus blajar :).....
    wah, neng astrid gak boleh jadi pengusaha beras neehh... bisa2 abis deh dimakanin terus, bisa rugi ntar...xixixi.... tapi bagus juga ya jadi tau beras yang enak dan gak enak..... berguna juga hobinya buat orang yg lagi bingung pilih beras enak...hehehe...

    ReplyDelete
  8. *nengadah ke langit*...adduuhh... gak ada nomor wangsit... nomor hangpon ada mba...xixixi...

    ReplyDelete
  9. sama kayak gaza niy hobi ngliatin bulan dan bintang

    ReplyDelete
  10. *toss sama gaza*.... nanti kita liat sama2 yaa... :) *klo punya teropong bintang lebih asyik nih*

    ReplyDelete
  11. udah pernah nyoba ke Lembang lihat bintang pake teleskop lum Iah ? uni belum sih, dan suatu hari nanti mau ajak billa kesana. amiiin

    ReplyDelete
  12. jiaahhh..mb iah hobi liat langit malam hari...sy malah takuuuut...rasanya kecil banget dan g berarti liat langit luas terutama malam hari...

    ReplyDelete
  13. blom juga uni... mau juga nanti kesana kapan-kapan... apalagi pas liat film sherina yg pas di Boscha... takjub... tapi sekaligus agak ngeri juga pas liat teleskop besarnya... takut ketiban...hehe... amiin...iya mudah2an kita bisa kesana ya uni.. :), pasti billa senang diajak kesana...

    ReplyDelete
  14. lho kok takuutt?? emang kita kecil kan? hehe... itu aja kita baru liat yang jaraknya masih pendek dan dekat dg bumi, padahal galaksi Bimasakti itu cuma salah satu galaksi dari berpuluh atau mungkin ribuan galaksi yang ada... Allah Maha Besar :)

    ReplyDelete
  15. Hobi saya klo lg stres, nyampulin buku. Ga tahu klo sudah rapi, kelihatannya sangat melegakan.

    ReplyDelete
  16. hehe... lucu juga... sekaligus bermanfaat... ayoo siapa yg punya buku blom disampulin? drop ke mas irfan tuuh..... lumayan kan? jadi rapi...hehe...

    ReplyDelete
  17. Itu salah satu hobi ku...... menghitung bintang :D dan menghayalkan bentuk awan. Anehnya.. kalo aku cerita dan nunjuk ke awan, orang yg ikutan liat suka bilang "awan begitu kok bisa dibilang kaya teddy bear? ngeliatnya dari sebelah mana sih?* Huh!! kalo gak bisa liat ya gak usah ikutan liat.. hust hust.. sana pergi, jangan ganggu aku dengan imaginasi ku yg sedang berkelana.

    ReplyDelete
  18. Kalo di Jkt, hobi ku ke planetarium di TIM.... padahal yg diputar film nya sama aja.. tapi ada ke asyikan tersendiri duduk disitu. Yg jaga pernah kasih masuk gratis, saking apal nya liat muka ini nongol disitu. *untung gak ditawarin jadi petugas kebersihan ya? atau petugas tiket*

    ReplyDelete
  19. hehe...iya... biar tiap hari bisa liat planetarium kali mba..
    mba....aku malah blom pernah ke planetarium... norak ya? hehe...:p

    ReplyDelete
  20. samaaa mba...hehe... ada juga yg bilang begitu kalau aku tunjukkan ke orang.. kadang orang gak ngerti keasyikan bisa berimajinasi ngeliat awan... biar aja deh, kita yang bisa menikmatinya ya.. ada kesenangan tersendiri, spt melihat pemandangan luas yg gak terbatas :)

    ReplyDelete
  21. Kudu kesana, tapi hati hati... ntar kecanduan

    ReplyDelete
  22. kayak mba anna ya? gak apa2 kecanduan yg baik :)

    ReplyDelete