Thursday 7 April 2011

Askan (Asisten Kantor)

Ini kisah tentang askan (asisten kantor, ngikutin istilah ART :p) di kantorku. Namanya Pak Lukman, lelaki beranak tiga aseli Betawi, berumur sekitar empat puluh tahun lebih sedikit. Tapi orang-orang biasa memanggilnya Pak Haji, karena Pak Lukman sudah menunaikan ibadah haji beberapa tahun yang lalu, dapet warisan dari orangtuanya. Katanya dia, dulu rumahnya di Jalan HR Rasuna Said, atau Kuningan. Bayangin aja berapa besarnya itu duit warisan. Secara daerah itu tanahnya mahal banget per meternya. Makanya, gak heran, semua keluarga Pak Haji sudah menunaikan ibadah haji (termasuk meng-Haji-kan isterinya). Berkat tanah warisan tersebut.

O iya, jangan coba-coba panggil dia dengan namanya saja (tanpa embel-embel "Haji", bisa-bisa dia gak bakalan nengok deh alias dia bakalan pura-pura gak denger sama panggilan kita.. (soal ini aku pernah nge-test juga lho...hihihi..).

Balik ke cerita awal. Pak Haji ini orangnya kocak, polos, rame (kalo gak ada dia, kantor serasa sepi pokoknya), kadang sok tau (rasa ingin tahunya besar), gaya, kadang ngeselin juga (dengan sikap sok taunya)..hehehe.. Dan ada juga sifat positif yang dimilikinya, yaitu Pak Haji hampir gak pernah marah (walaupun pernah diem-diem ngedumel juga, curcol padaku atau temanku, soal sikap teman yang lain, namanya manusia, ya wajarlah). Tapi pada dasarnya Pak Haji ini orangnya baik kok, dan unik juga ada orang kayak dia. 

Nah herannya, walaupun dia sebagai askan, tapi dia tetap gak merasa sebagai askan *lho?*... Iya, maksudnya di Job Description dia punya tugas bertanggungjawab soal kebersihan dan kerapihan kantor, tapi jangan heran kalau hampir setiap hari semua karyawan melihat dia kerjaannya wira wiri pergi keluar kantor (sehari bisa sampe 4-5 kali balik lho), macam karyawan yang selalu kerja dinas luar *gaya kan?*...hehe... Makanya, gak heran juga kalo kami kadang-kadang mendengar keluhan mba sekretaris dirut yang mengeluh karena sering terpaksa membuat kopi untuk para tamu dirut, atau kebingungan cari-cari cangkir bersih, gara-gara Pak Haji meninggalkan kantor tanpa membereskan dapur lebih dulu (lagi ngacir ke tempat lain). Jangan heran juga kalau melihat dapur kantor lebih sering mirip kapal pecah gara-gara belum sempat diberesin Pak Haji... Pasalnya Pak Haji lebih senang dan menikmati pergi keluar ketimbang berkutat di kantor...hehe... Sesekali kami mencuci sendiri piring yang baru dipakai, tapi kan gak semua orang mau begitu..^_^..

Kalimat rutin yang pertama biasa ditanyakan padaku setiap aku baru datang, pasti begini,"Mba, ada yang mau dititipin gak? Saya mau ke bank nih!" "Mba, hari ini jadwal saya mau kesini, kesitu dan kesana, mba mau titip apa?" atau tanpa ditanya, dengan mimik muka yang serius dia akan melaporkan siapa saja yang hari itu gak masuk. Biasanya Pak Haji bilang dengan nada seolah melapor padaku maupun setiap orang yang baru datang, seperti ini,"Mba... Si A hari ini gak masuk, katanya sakit kepala... Mba Si B gak masuk, katanya begini...".... Sering aku geli sendiri, kok dia lebih tau ya daripada orang-orang Divisi HRD...hehehe.. Aku sering menjulukinya "informan" atau "wartawan lokal"... Pasalnya semua gosip yang beredar di kantor, dia tau *hadeeh kok ngegosip ya?*...gosipnya macam begini, sering dia lebih tahu siapa saja yang mau pindah tempat, siapa saja yang lagi butuh komputer baru, siapa nama teller baru di bank X, siapa nama ustadz yang ceramah di musholla kantor Jum'at ini, kemana saja direktur pergi hari itu *segitunya*.. Bahkan soal jumlah anak kucing kantor  yang baru dilahirkan dan warna masing-masing bulunya Pak Haji juga tahu!! *suweerr...hahaha..* Bayangkan, begitu perhatiannya Pak Haji ^_^... Makanya, kami sering iseng bertanya,"Pak Haji, ada kabar apa hari ini?" hihi...:P

Bukan hanya soal menjadi informan, bicara soal gaya hidup, Pak Haji lumayan punya gengsi juga orangnya *halah apa siy maksudnyah :p*... Pernah suatu kali Pak Haji bilang,"Saya sih kerja cuma buat formalitas aja, yang penting pergi pagi pulang sore, soal duit sih gak terlalu difikirin, kontrakan saya punya".. atau juga bilang,"Wah, anak saya dirumah tidur kalo gak pake AC gak mau, panas katanya"... "Anak saya punya laptop".... "TV di rumah masing-masing kamar ada, biar gak berebut nontonnya".... "Anak saya punya HP masing-masing dua, satu CDMA satu GSM"... trus kujawab,"Wah, saya kalah dong Pak Haji, saya aja cuma punya satu HP, berarti semua HP jadi enam dong buat anak Pak Haji ya?".... dijawabnya,"Iya dooongg, saya juga punya dua nih (sambil menunjukkan kedua HP-nya dengan mimik polos)"... *Hadeeehhh...gayanya Pak Haji*..... Kami yang mendengar cuma ketawa geli sambil bilang,"Waahh Pak Haji Hebaatt"...hehehe... Pokoknya begitu deh Pak Haji itu... unik dan sering menghibur kami...

Pokoknya dia deh yang sering bikin kami ketawa dengan kata-katanya atau sikapnya... Ya udah segitu aja sementara ceritanya. Kapan-kapan aku cerita soal Pak Haji lagi ya...^_^

ket foto : Pak Haji bersama isteri dan salah satu anaknya (cantik kan?)

21 comments:

  1. naruh dingklik dulu, amankan tempat pertama. hihihihih..

    ReplyDelete
  2. sayang ya punya duit banyak malah buat konsumtif, bukan buat sesuatu yang produktif.

    ReplyDelete
  3. Hehe, seru jg, trus tiap hari keluar kantor tuh dsuruh ama direktur gt mba? Atau kegiatan sendiri? Hihi..

    ReplyDelete
  4. potonya.. potonyaaaa... pengen tau nih! :D *penasaran dot ko dot ai di

    ReplyDelete
  5. pak haji rumah/tanahnya ada yg mau dijual gak dengan harga murah
    hahaha ngarep

    ReplyDelete
  6. hehehe...silahkan mba... *maap...yg punya rumah baru muncul nih...*

    ReplyDelete
  7. iya mba... padahal bisa buat usaha duitnya kalo mau ya...

    ReplyDelete
  8. ada yang memang disuruh karyawan lain buat nganterin laporan ke perusahaan lain, atau suruh transfer ke bank, atau inisiatif dia sendiri, tiba-tiba menghilang entah kemana....hihihi.. direktur suka nyuruh juga tapi jarang banget..

    ReplyDelete
  9. potonya? tunggulah waktu yang tepat... ntar dicari dulu filenya yaa... tenang aja, gampang kok nyari poto Pak Haji, soalnya dia tuh sering tiba-tiba muncul di kamera, walaupun bukan maksud kita mau poto dia..hehehe..

    ReplyDelete
  10. mba...kayaknya dia blom mau jual tanahnya untuk sekarang2 ini.... masih berkutat ngurus kontrakannya...hahaha...

    ReplyDelete
  11. waduh Pak Hajiiii....
    jangan lupa asuransi pendidikan anak yaaaa

    ReplyDelete
  12. soal itu Pak Haji gak lupa lho teh.... udah beberapa tahun dia ikut asuransi pendidikan buat ketiga anaknya...*wink*
    hebat kan? hehe...

    ReplyDelete
  13. Kerja cuma Formalitass??? Enaknyoooooooooooooooooooo....

    *ngiri sama pak Haji

    ReplyDelete
  14. hihihi...iyaaaa.... gak kayak kita ya? kerja buat apa hayoooo.... * buat ngumpulin modal ^_^*

    ReplyDelete
  15. Hadeehh.... modalnya abis mulu yak -_____-

    ReplyDelete
  16. Hehehe....sedikit-sedikit aja dah..

    ReplyDelete
  17. mbak daku izin ngelink jurnal ini ya. tengkyu sebelumnya

    ReplyDelete
  18. mbak daku izin ngelink jurnal ini ya. tengkyu sebelumnya

    ReplyDelete
  19. boleh... maap telat jawab...hehe... lagi kebanyakan acara :p

    ReplyDelete