Sunday 30 May 2010

Kue Talam Ubi

Ini resep kue talam ubi yang kudapat dari temanku, erisa... dia itu senang banget coba-coba resep yang ada di internet, terutama bikin-bikin kue. Aku udah coba resep yang ini, enak lho.. Kalau ada yang mau coba, silahkan dipraktekkan ^_^...

 

Kue Talam Ubi 

Bahan Talam :

300 gr ubi merah, dikukus lalu dihaluskan

150 gr tepung sagu

250 gr gula pasir

300 cc santan encer

1 sdt garam

¼ sdt essens vanilla

Semua bahan tersebut dicampur, kalau ingin tekstur ubi merah lebih halus, bisa diblender, kemudian dimasak di api sedang sambil diaduk-aduk, perhatian...MASAK SAMPAI HANGAT SAJA (± 2-3 menit). Jangan sampai menjadi kental dan keras. Lalu angkat.

Bahan santan :

100 gr tepung sagu

2 sdm tepung beras

1 sdt garam

400 cc santan kental

Semua bahan tesebut juga dicampur, lalu masak di api sedang, sebentar saja (2-3 menit), SAMPAI HANGAT SAJA (sama seperti bahan talam). Lalu angkat.

Mengukus talam :

Siapkan mangkok cetakan, olesi dengan minyak sayur. Panaskan cetakan di dalam kukusan, lalu masukkan adonan ubi. Tutup dan kukus 5-8 menit, sampai adonan berubah warna dan menjadi keras. Setelah itu masukkan lapisan putih di atas lapisan ubi. Kukus lagi selama 5-8 menit. Bila sudah keras dan mengkilat permukaannya, angkat. Tunggu sampai agak dingin, keluarkan dari cetakan.

Siap disantap.

 

2 comments: