Sunday 16 May 2010

Abrus In Nest


Warna awal biji ini merah cerah, tapi dg berjalannya waktu, si saga berubah menjadi warna coklat bata... tapi permukaan bijinya tetap kinclong.... gak nyangka :)

Abrus atau Abrus Precatorius adalah nama latin untuk Tanaman Saga. Tau kan pohon saga? Daunnya sering dipakai untuk obat batuk. Dan bijinya? Bijinya dapat digunakan untuk insektisida hama. Jadi bijinya tidak baik dikonsumsi manusia...^_^.... Tapi melihat biji saga yang indah dengan warnanya yang merah menyala ini, aku gak bisa diam begitu saja dan membiarkan mereka berserakan dibawah pohon.. Karena itu, sewaktu aku kebetulan berkunjung ke rumah salah seorang temanku yang ternyata di depan rumahnya ada pohon besar yang sejenis dengan pohon saga, segera kupungut beberapa butir bijinya. Buat apa? Waktu itu aku gak punya alasan apapun selain untuk kusimpan, pasal warnanya bagus. Bijinya kemudian sebagian kubuang dan kusisakan 2 butir.. Dalam perjalanan selanjutnya si biji saga ini hanya tersisa satu, karena yang satu butir hilang.. Itu terjadi lebih dari sepuluh tahun yang lalu (lamanyaaa...hihihi...). Aku sendiri gak pernah menyangka kalau ternyata si biji saga ini bisa awet sampai bertahun-tahun. Kukira tadinya akan membusuk, atau paling gak bijinya mungkin akan tumbuh sendiri (kayak kacang ijo :))... Ternyata si biji saga tak pernah berubah bentuk, hanya warnanya yang sedikit berubah menjadi coklat bata, tapi jadi tambah cakep lho :).. sewaktu ada challenge April-May yang temanya mengambil dari bahan di sekitar kita untuk dijadikan perhiasan, aku segera teringat dengan si biji saga ini.... sooo... dengan tanpa ragu-ragu, kubuat cincin ini dengan si saga sebagai material utamanya (selain AW NTB tentunya).. Tadinya aku berencana mau bikin gelang dengan biji saga.. Tapi sewaktu kutanya temanku soal pohon saga besar di dekat rumahnya itu (maksudnya aku mau mengumpulkan lebih banyak biji saga), dia bilang kalau pohonnya udah lama ditebang...hwaaa....hiks... sedih... so aku gak jadi bikin gelang. Jadi hanya sebutir biji inilah yang bisa kubuat menjadi cincin..:)

rgds,
iah

38 comments:

  1. Huwoww.. cantik bngt mba iah! Haduh lupa ada challenge, hukss ga ada ideee..

    ReplyDelete
  2. keren lho..
    mertua ku ada koleksi bbrp biji saga kyk gini jg mbak Sam, hihihi..

    ReplyDelete
  3. wow cool...keren abis mba, ini bisa membuat biji saga menjadi berharga. Dulu, di rumah saya juga ada tumbuhan saga, saya suka mengumpulkan bijinya karena warnanya unik (merah campur hitam) dan saya yakin ini bisa jadi berharga, dan sekarang Mba Iah membuktikannya....., salut.........sukses selalu Mba

    ReplyDelete
  4. @ mba tri : iya mba, mirip batu juga kerasnya, sempat penasaran mau dibelah, tapi aku gak berani belahnya, soalnya cuma satu-satunya :)
    @ mba devi : makasih yaa :)... iya challenge sampe tgl 20 lho...hehe..
    @ mba lia : thanks mba... jempolnya lucuuu...^_^
    @ heni : hobi mertua sama dong dengan aku ya...hehehe..
    @ mba ina : ayo kumpulin lagi bijinya... iya bisa tahan lama nih... thanks yaa :)

    ReplyDelete
  5. saya jadi bertanya-tanya juga, apakah biji saga ini bisa masuk kategori batu berharga ga ya? karena kekerasannya kan keras sekali tuh, trus warnanya tetap stabil :-)

    ReplyDelete
  6. kalo ga salah jaman dulu waktu orang blum pake gram2an untuk menimbang emas, dipakelah butiran biji saga untuk jadi ukuran berat emas... kalo memang betul berarti memang si saga ni dekat dengan barang "berharga"....
    berkat mbak Iah,, tercapailah cita2nya untuk disejajarkan dengan emas, such a Cinderalla things huh??? hehehehehe.. :D

    ReplyDelete
  7. coba nanti kita tanya ahli perbatuan..... kalau lamaaaa banget awetnya, siapa tau bisa dikategorikan fosil ^_^

    ReplyDelete
  8. oya? wah...baru tau...menarik juga ya :)... berarti si saga itu upik abu ya...hehehe.... (bukan berkat akulah mas....hihi...taunya soal saga juga gak sengaja...)

    ReplyDelete
  9. beneran Mas? hi hi lucu juga ya jaman-jaman flintstone..., saya mau bongkar gudang ah, siapa tahu koleksi biji saga saya masih ada, nanti saya jualan biji saga ah........

    ReplyDelete
  10. mba Iah, kayaknya untuk mendapatkan biji saga harus kerja sama sama pabrik yang bikin minuman anti panas dalam yang bahan bakunya daun saga itu Mba........

    ReplyDelete
  11. iah.. biji saga kan sekarang udah langka.. kamu dapat dimana??? jaman kecil kita maen nya biji saga pek punya sekaleng susu.....heheheheee...

    ReplyDelete
  12. @ gadis : nuhun euy :)
    @ mba ina : oh obat panas dalam juga ya? tapi disini gak ada pabrik... emang susah ya carinya..
    @ bu rita : aku dapat mungut dari rumah temen itu bu... pohonnya juga udah ditebang.... udah gak ada lagi sekarang... emang langka... sekalinya ada pohon saga dirumah, tapi yg merambat.. itu ukurannya kecil banget kayak biji kacang ijo...hehehe..

    ReplyDelete
  13. sam, ibuku punya kalung panjang dari biji merah begini... oh, baru tahu namanya biji saga toh, hehehe :P

    ReplyDelete
  14. samsiah,di rumah masih ada pohonnya...
    mau kukirimin bijinya?
    hebat bisa kepikiran...=)

    ReplyDelete
  15. @ amy : serius nih? wew...keren lho ibumu....hehehe...
    @ mba mariah : mana?? mana? ayoo kirimin ke siniii...hehe..

    ReplyDelete
  16. seingatku ada kok...besok kutanyain lagi ya heheh
    kalo udah dapet bijinya,aku entar minta alamatnya deh....

    ReplyDelete
  17. didpn rumah ada nih....warnanya baguss,sayang ga da lubangnya

    ReplyDelete
  18. Cantik dan idenya kreatif......

    ReplyDelete
  19. mba blm sempat upload nih, maaf ya. eh challenge nya sampai tgl 25 mba, yang lain ditunggu ya

    ReplyDelete
  20. di brasil biji saga masih dilestarikan untuk pohon pelindung..dan bijinya dibuat kalung dan anting...pokoknya disini yg di ina hilang malah dilestarikan...malah bagus bagus banget hasilnya...
    tapi mbak keren loh hasilnya....lucu banget....gak bisa bayangin tuh imut banget..

    ReplyDelete
  21. @ mba rika : emang gak ada lubangnya mba, makanya itu aku bungkus aja kayak di sarang....hehe
    @ mba yunia : makasih mba ^_^
    @ mas irfan : gak apa2 mas, nyantai aja :)... ooh sampai tgl 25... masih ada waktu lebih dong..
    @ mba mina : ooh berarti gak salah dong kalo biji saga dijadikan komponen aksesoris :).. thanks mba, emang imut ini hasilnya... kalau ada biji lebih banyak mungkin bisa aku buat lebih besar cincinnya... sayang..peninggalan satu-satunya ini...hehe..

    ReplyDelete
  22. oh... Iah kreatif sekali!! Cantiiiiik banget itu cincin!!

    ReplyDelete
  23. wuaaah cantiknyaaaa mbak iaaah......aq stres deyh klo yg mungil2 begini ^^

    ReplyDelete
  24. Kreatif banget... dulu jaman tk, aku mainan biji saga... tau gitu dikumpulin ya, buat batu.... hi hi hi... lebay deeh gue...

    ReplyDelete
  25. @ kucing : thanks Cing... lagi kebetulan ada ide aja...hehe.. daripada itu biji saga nganggur :)
    @ fita : makasiiih... ini dipaksa bisa fit... soalnya blom ada lagi biji saga yg lebih gede dari ini ukurannya...hehe..
    @ tarataka : aku juga gitu mba... klo tau daridulu aku ambil sekantong deh... sekarang pohonnya udah ditebang...hiks..

    ReplyDelete
  26. mba, di halaman depan rumahku banyak pohon saga. mau mau mau ? hehehe ^_^

    ReplyDelete
  27. pohon saga yg besar?? mau...mauuu...hehe..

    ReplyDelete
  28. gede banget bijinya?
    setauku lebih kecil dari telur cicak deh...

    anyway, you're so creative! thumbs up!

    ReplyDelete
  29. iya mba... ini pohonnya pun sebesar pohon mangga, tinggi menjulang... saga tipe yg beda kayaknya... besarnya kayak kacang polonglah..
    tengkyu so much for the compliment mba orlane :D

    ReplyDelete
  30. oh beda juga sama yang saya ketahui, pohon saga saya tidak besar, tapi merambat, bijinya juga kecil, tidak sebesar kacang polong........

    ReplyDelete
  31. iya mba... ini saganya beda :)

    ReplyDelete
  32. pohonnya masih abg sih, tapi bijinya lumayan banyak. nanti dyna bawain deh, tapi bikinin gelang ya...huehuehue ^_^

    ReplyDelete
  33. biarpun abg pohonnya...yg penting bijinya mba dyna... ayo dikirimin...hehehehe... penasaran juga mau bikin gelang...~_*

    ReplyDelete
  34. asiiikkk...mo dibikinin gelang. huhuhu...segera kukirimin deh ^_^

    ReplyDelete