Wednesday 6 May 2009

Sejarah sweater pertama

 

 

 

 

 

 

Sejarah? Kayak barang yang udah lama aja ya, disebut sejarah..hehe... Iya, emang bikinnya lamaaa, hampir satu tahun saya bikin sweater ini. N perlu perjuangan n kesabaran untuk menyelesaikannya. Walaupun keliatannya nih sweater biasa aja (purl n knit doang), tapi dibalik rajutan itu, buat saya ni sweater bikin saya puyeng tujuh keliling (gak lancar banget bikinnya!!)..hehe..

Dulu kalau ada orang pake sweater, saya suka penasaran. Gimana cara bikinnya? Ada gak yg bisa ngajarin? Gak pernah tau ada perkumpulan merajut kayak sekarang. Untungnya waktu itu saya bisa menemukan tempat kursus merajut dari salah satu iklan di majalah interior. Akhirnya mulailah saya ikut kursus merajut. Waktu pertamakali datang, Bu Een yang ngajarin saya tanya mau bikin apa, so saya langsung minta diajarin untuk merajut sweater. Walaupun udah tau pasti butuh waktu lama untuk merajut sweater, tapi saya gak peduli (tapi saya gak pernah mengira kalau saya akan membutuhkan waktu satu tahun utk ngerajut nih sweater!!)...hehe..

So, mulailah saya merajut, memilih benang. Saya sendiri blum tau harus pake benang yg mana. Yang pasti waktu itu saya pilih warna yg agak natural aja n benangnya halus. Juga yg warnyanya agak lucu, campur-campur gitu (namanya benang semburkah?). Saya pilih benang warna krem ini. Waktu itu gak terpikir kalau mau bikin proyek besar macam sweater itu, harus beli stok benang yg agak lebih, supaya gak kekurangan. Saya cuma beli 2 gulung.

Pertamakali bikin bagian belakangnya. Sering salah, diulang lagi, ditarik dirajut lagi. Pernah juga hasil rajutan ternyata miring (ternyata saya ngelamun waktu merajutnya..hehe). So ditarik lagi.. udah kayak apaan tau bentuk rajutannya. Ada keliatan rajutan yg gak sama di bagian belakang bawah (ketauan salahnya...hihi). Tapi saya cuek aja, soalnya udah capek mau ngulang lagi (udah sering disuruh ngulang), waktu itu udah sampe atas menuju leher. O iya, saya kursus seminggu sekali. Jadi tiap kali selesai pada bagian yang udah diberitau, saya harus tunggu minggu depan untuk proses selanjutnya. Bagian belakang saya selesaikan kira2 dua bulan.

Pas selesai bagian belakang trus saya mau beli benang lagi, ternyata stok benangnya habis bis..biss.. Kalau mau tunggu stok dipasok lagi, dan itupun gak pasti kapan bisa dipasok, soalnya belinya jauuuhhh. Sebel banget plus sedih. Gimana nasib sweater saya nih? Masa cuma jadi bagian belakangnya aja? Temen2 yang lain udah hampir selesai merajut bagian depannya, saya cuma dapet bagian belakang aja...*hiks*. Waktu itu nyesel juga, kenapa awalnya gak sekalian beli stok (blom tau sih). Kenapa cuma beli 2 gulung? Akhirnya terbengkalailah sweater saya. Saya sempat juga beli benang yg jenisnya lain dan udah dirajut beberapa senti, tapi gak cocok karena ukurannya lebih kecil dan halus (ternyata itu benang khusus buat baby..aduh! salah lagi).

Akhirnya saya putuskan untuk menunggu pasokan benang saya datang, walaupun saya gak tau entah kapan datangnya.. Berbulan-bulan gak ada juga kabar benang yang saya cari. Sementara si sweater yang cuma bagian belakang itu, udah saya bawa terus ke kantor, saya pake kalau saya naik motor (cuma disampirkan aja buat menghalau angin..haha). Untuk mengisi waktu sementara menunggu pasokan benang, saya minta diajarin merajut syal (warna pink n putih), juga merajut topi (lumayan).

Setelah berbulan-bulan lamanya menunggu benang n gak pernah ada kabar, saya mulai gak semangat menyelesaikan sweater itu. Saya udah pasrah kalo sweater saya gak akan pernah jadi...hhmmm.. Tapi ternyata pertolongan itu datang dari seorang teman yang sangat baik hati. Ada teman kursus saya, namanya Eris. Kebetulan dia mau pulang kampung ke rumah mertuanya di Halifax, UK (klo gak salah) sana. Dia bilang mau beli benang n coba cari benang yang saya butuhkan. Mungkin bisa ketemu. Sebenarnya saya gak berharap banyak, soalnya gak pasti juga gimana cara dapetin tuh benang. Tapi saya tetap titip juga pada eris. Teman yang lain juga titip benang sama dia. 

Selama eris di sana, kita saling kontak via email dan ternyata....eng ing eeennggg... eris menemukan benang yang saya butuhkan. Dan benang itu kebetulan lagi diskon di sana, seabrek-abrek benang yang saya cari ada di sana..hehe.. Alhamdulillah... senang banget.. akhirnyaaaa dapet juga tuh benang...hehe..

Waktu pulang balik Jakarta, Eris juga gak cuma bawa oleh-oleh benang yang saya cari, tapi dia bawa benang lain yang bagus-bagus. Waaahh.. baik banget teman saya itu... Dia mau repot-repot bawa bergulung-gulung benang pesanan saya dan teman-teman.. Bela-belain. Makasih banget ya Eris. Mudah-mudahan dibales kebaikanmu sama Allah SWT :).

Dan akhirnya dengan benang yang dibawa eris, saya bisa juga menyelesaikan sweater saya setelah tertunda beberapa bulan (hampir satu tahun!)..

ini dia benang yg susah dicarinya...hehe..

8 comments:

  1. Penuh perjuangan ya mbak... Itu benang impor ya?

    ReplyDelete
  2. Lumayan berjuang mba :D, hampir gak jadi..
    Iya mba Dini, benang impor. Waktu pertama beli saya gak fikirin soal stoknya cukup atau gak, langsung samber aja...hehe

    ReplyDelete
  3. oh, keren sweaternya... pasang foto lebih banyak dong... :)

    saya sudah lama nggak beli benang lagi.... sekarang tinggal "panen" benang sejak ngumpulin sweater bekas dari toko sedekah (thrift store bahasa endonesianya apa ye?) :). coba iah cari sweater di "factory outlet"... kalau ada yang bahannya 100% wool, lebih ok lagi. Sweater itu tinggal dibongkar saja, benangnya dipakai ulang.... (banyak petunjuknya di internet). Bisa jauh lebih murah dari beli benang baru :D.

    ReplyDelete
  4. Makasih cing utk tips-nya... ok saya akan ikutin sarannya (dah liat juga cara kucing bongkar sweater), kreatif pisan :D

    ReplyDelete
  5. waduhh untuk sweater pertama aja udah bs serapi itu ya? kl saya mah mencang mencong mana ukuran ga pas bisa masuk tp wkt turun ke pinggang stuck kekecilan! *omg* pdhal niatnya mo bikin sweater yg agak2 panjang lwt pinggul dikit ;P yah namanya jg bikin ga pake pola sistem kira2 aja berbekal buku basic knit-nya ondori hihihi... btw itu benang sirdar ya mba? perasaan pernah liat labelnya yg bertuliskan "denim" itu di hobbycraft tp harganya cukup bikin garuk2 aspal :P
    ayo mba bikin lg sweater rajutnya, kl mau kita KAL bareng sekalian mba iah blajar baca pola tulisan dan aku jg jd smangat kl ada temen berpacu ngrajut gini, gimandra? hehehe..yuks..yuks.. ^_^

    ReplyDelete
  6. Mba.. sebenarnya bagian belakang tuh ada yang beda rajutannya satu baris, habis dibongkar ulang, trus di knit lagi.. Sepintas emang gak kliatan, kalo dipelototin agak deket, pasti keliatan..hehe.. Untung juga itu cuma bagian belakang.. N bisa pas sweaternya, soalnya diajarin sama guru cara ngitung ukuran badannya..
    Iya itu benang sirdar denim.. saya memang beli di hobbycraft, waktu itu masih dibawah 50 ribu... sekarang udah gak sanggup deh klo mau beli benang itu lagi buat proyek yg besar (cuma bisa nyengir kuda, pasrah liat label harganya..hihi).. Iya nanti sy mau bikin sweater lagi, skarg msih proses rajutan cardigan crochet. Iya, sy mau bgt blajar pola tulisan n juga jadi semangat klo ada temennya.. apalagi klo ada yg ngajarin..hehe...yuks.. :)

    ReplyDelete
  7. gpp mba, utk project ke dpn aja, aku jg masih berkutat dg bebrp WIPs yg agak2 terlantar krn kemaruk semua dikerjain berbarengan :))
    ntar kita janjian ya mba.. duh jd seru sendiri gini ya? hihihi...

    ReplyDelete
  8. ok mba, nanti kita janjian bikin, serunya jdi rame2 :)

    ReplyDelete