Monday 2 January 2012

Kriminalitas di Angkot

Pagi ini seperti biasa saya naik Kopaja jurusan Blok M. Untuk beberapa puluh menit perjalanan, keadaan masih normal. Hari ini Jakarta kembali macet (normal kan? kalau kemarin tuh belum normal, pasalnya kemarin jalanan sepi banget :p), bus penuh sesak (ini juga normal lho :p) dan pengamen-pengamen berseliweran keluar masuk angkot.

Awalnya pengamen yang masuk adalah seorang ibu muda, usia belasan tahun (atau berpura-pura menjadi ibu?) yang mengamen sambil menggendong anak usia sekitar tiga tahunan. Seperti yang sudah kuhafal, karena saya sering bertemu dengannya, dalam hati saya berujar, "pasti lagunya 'pelangi-pelangi' lagi". Eeehh betul juga, dia menyanyikan lagu anak-anak itu, dengan gaya dicadel-cadelkan seperti anak kecil (padahal lain waktu saya pernah bertemu dia sedang menjual tissue dengan teriakan yang lantang dan tidak cadel lho). Dan juga ketika dia masuk, bus sedang cukup penuh dengan penumpang, namun dengan memaksakan diri, dia terus menyelusup di antara penumpang yang ada, masuk dari pintu belakang dan terus menuju ke depan (untung waktu itu saya duduk).

Setelah menyanyikan lagu, dia pun segera mengulurkan bungkus permen, meminta uang sebagai balas jasa menyanyi. Sementara si anak yang di gendongnya, minta turun dari gendongan (dari wajahnya kelihatan seperti bukan anaknya, gak mirip). Selesai meminta uang kepada semua penumpang, maka dia pun turun. Masih normal.
 
Selang beberapa saat kemudian, masuklah dua orang pemuda. Yang satu berbadan gempal, yang satu lagi berbadan kurus. Si gempal berdiri di bagian depan, sedang si kurus berdiri di belakang. Tadinya saya fikir mereka juga mau mengamen. Tapi ternyata..eeehhh... mereka itu kayak mau merampok saja. Bagaimana gak disebut begitu? Baru masuk bus saja, si gempal yang membawa sebilah silet, sudah berkoar-koar,"Daripada kami mencopet atau menodong, atau daripada kami menyilet tas anda, lebih baik anda menyerahkan uang seribu atau dua ribu kepada kami".
Sementara si kurus yang ada dibelakang, mengiyakan ucapan temannya.

Wiiihh... mendengar apa yang diucapkan si gempal, nyaliku agak ciuutt.. Sambil berzikir pelan-pelan, aku berkata dalam hati,"Gak bakalan gue kasih uang ke orang macem itu, walaupun cuma seribu, enak aja minta pake ngancem, kalo mau, ya ngamen aja... menghibur dong.. Lha ini..bukannya menghibur malah bikin takut...hiiihhh!"
Tapi lucunya, ketika saya bertekad seperti itu, jantung saya dag dig dug gak karuan. Aaiihhh.. ini namanya gak sinkron ah..hihi... Tenang doongg.. Begitulah ucapan batin saya.
Dan saya terus saja berzikir dan niat gak bakal kasih uang kepada mereka *ngotot*.

Bukan juga karena saya pelit yaaa... saya cuma gak rela kasih uang buat orang muda yang kuat dan masih mampu bekerja, yang bisanya hanya mengancam seperti itu.

Si gempal terus melaksanakan aksi terornya, berteriak-teriak meminta uang, sambil menorehkan silet di kertas yang dia bawa, hingga kertas itu hancur dan bertebaran, seolah-olah memberi contoh bahwa dia bisa saja menyilet kami. Dia mondar mandir, dari belakang ke depan, sambil sesekali mengancam dan mendekatkan wajahnya pada seorang ibu yang duduk di depan. Sementara aku terus berzikir sambil menutup mulut dan hidung saya dengan saputangan, berharap agar wajah saya tak terlalu dikenali mereka (lagi polusi juga kan?).

Selesai mengancam dengan begitu rupa, si gempal pun segera menjalankan aksi selanjutnya, meminta uang pada tiap penumpang, satu persatu didatangi. Mulai dari penumpang paling depan. Rupanya seorang ibu tidak mau memberi uang padanya. Ibu itu hanya diam, tak memberi isyarat juga kalau dia tak mau memberi uang. Hal ini membuat si gempal kesal. Dengan konyolnya, si gempal terus saja memandang si ibu dan sambil terus menadahkan tangan. Nampak agak lama dia di depan si ibu tersebut. Melihat itu saya jadi sedikit ngeri. Bagaimana kalau giliran saya nanti? Aduuhh..pada kemana juga ini polisi? Memang gak ada polisi yang memperhatikan sampai kedalam bus, tapi kalau berharap kan boleh ya? hikkss.

Akhirnya si gempal memberi petunjuk dengan bersuara keras,"Kalau gak mau ngasih duit, ya gimana kek, isyarat pake tangan, jangan diem aja buu!"

Dalam hati saya berkata,"Oh ok, gue gak mau kasih uang ke elu, ntar gue kasih isyarat tangan aja yaaa"...hihihi..

Hampir semua penumpang memberi uang, termasuk orang yang duduk di sebelah saya. Ketika giliran saya yang dimintanya, sambil tetap menutup hidung dan mulut saya dengan saputangan, saya pun memberi isyarat tak memberi dia uang. Saya pun menunggu reaksinya. Syukurlah, Alhamdulillah....ternyata dia tidak memandangi saya terus dan tidak kesal karena saya tak memberinya uang. Dia pun segera beralih ke penumpang di seberang saya, seorang lelaki yang juga tak memberi uang padanya. Dan bagusnya lagi lelaki itu pun tak diteriakinya. Si gempal segera berlalu meminta uang pada penumpang selanjutnya dan kemudian meminta uang ke belakang.

Selesai meminta uang, tak seperti biasanya, mereka tak langsung keluar bus, tapi ternyata ngobrol. Mereka membicarakan tentang penumpang-penumpang yang mereka ancam tadi, dan nampak terus mengawasi kami.

Waktu itu saya sudah benci banget sama mereka. Maunya mereka segera turun, agar kami merasa aman. Mauuu aja lapor polisi, tapi gimana caranya? Gimana kalau mereka tahu bahwa ada pelapor di dalam kopaja? *Sigh*
Saya ngeri juga kalau mereka mengenali saya *sok tenar ah..hihi*

Satu persatu penumpang yang turun, diberi ucapan'"Hati-hati ya bu turunnya, jangan buru-buru..".. Hiiiyyy... tambah nyebelin aja mereka itu. Maunya apa siyy?? Tadi mengancam kemana-mana, sekarang pura-pura baik. Yang ada setiap penumpang bergeser ke depan bila mau turun. Takut, tentu saja.

Akhirnya saya merasa sedikit lega, ketika di Mampang mereka turun, dan pindah ke bus lainnya. Dalam hati saya berkata,"hhmmm... mangsa selanjutnya, kasian, pasti penumpang di bus itu stress juga diancam mereka"..

Hhhmmm.. Kriminalitas terjadi dimana-mana, termasuk di Kopaja langganan saya. Saya hanya berharap, semoga saja besok gak bertemu mereka lagi. Ngeri. Benci. Khawatir. Khawatir kalau ternyata mereka menjadi langganan pengancam yang tiap hari masuk bus yang kutumpangi... Hiiyy...ngeri.. Kalau lagi begini, saya jadi berharap ada razia preman lagi. Supaya mereka tidak menteror penumpang bus lagi.
Dan...semoga saja saya tidak bertemu mereka lagi ya.. *jadi pengen naek motor aja kalau begini*


54 comments:

  1. Ya ampun mbak iah, serem amat sih

    ReplyDelete
  2. kalo saya ada di bis itu rasanya bisa kena serangan jantung

    ReplyDelete
  3. ak selalu bilang tidak dengan isyarat tangan...kalo itu masih ngeyel setelah ak sopan menolak, baru deh ngomel2 hehehe

    ReplyDelete
  4. itu kok horor banget... *baru tahu ada kriminalitas model begini...

    ReplyDelete
  5. iya teh..sereeemm.. tapi rasanya pengen nggaplok mukanya orang itu.. *mending berani :p*

    ReplyDelete
  6. jangan sampe ngalamin ya teh..

    ReplyDelete
  7. ow.. berarti emang udah lama ada ya mba?

    ReplyDelete
  8. ow.. berarti emang udah lama ada ya mba?

    ReplyDelete
  9. kayaknya yg model gini udah lama ya di bis2 jkt.. jaman aku kuliah dulu jg udah ada.. naiknya kebanyakan di daerah2 macet dan bis yg dipilih yg rata2 berpenumpang mahasiswa,jd ga bs ngelawan kan.. uuh,sasaran empuk bgt tuh.. emang sebaiknya razia preman itu setiap hari,jd warga ada rasa aman jg.

    ReplyDelete
  10. hehehe... sip, sekali-sekali emang harus diomelin ya orang macem begitu.. tapi klo bawa silet, serem juga mba Niez :(

    ReplyDelete
  11. begitulah mba, jakarta... emang kadang2 horor... paling berdo'a aja, mudah2an gak ketemu kejadian spt itu lagi.

    ReplyDelete
  12. mbak, ada baiknya disampaikan ke surat pembaca, misalnya Kompas, agar pihak aparat dan DLLAJR mengetahui situasi spt ini.

    ReplyDelete
  13. iya mba, memang selalu ada.. tapi yang ngancem sambil bawa silet baru kali ini (eh, tiga kali deh saya ngalamin -_-)
    Sengaja mereka naik di tempat macet, karena memudahkan mereka mencari mangsa.

    udah lama nih gak ada razia lagi..hiks.

    ReplyDelete
  14. oh begitu ya mas.. terima kasih mas sarannya, nanti saya coba tulis2 di surat pembaca..
    memang, biasanya sih pengamen biasa, tapi kali ini ada yang pakai mengancam..

    ReplyDelete
  15. udah lama...malah pernah itu se angkot yang isinya bapak2 pada sebel, trus ngebentak si pengamen dan dikejar..eh ketakutan

    ReplyDelete
  16. Hi......serem banget, mana pagi-pagi pula. Emang biasanya suka ada polisi di angkot?

    ReplyDelete
  17. iya mba, serem...

    polisinya gak ada di angkot, tapi di sekitar jalan ada.. makanya, sepertinya memang gak mungkin mengharap polisi ada di angkot (cuma harapan), yang ada, kita yang harus keluar dan lapor polisi yg kebetulan ada di jalan..hhmm..

    ReplyDelete
  18. sukuriiinn... sekali-sekali semua penumpang harus berani membentak ya..

    ReplyDelete
  19. Keterlaluan banget ya. Dan informasi yang menarik buat saya.Serta cerita yang bagus. Terima kasih.

    ReplyDelete
  20. iya mba, sama2, terima kasih juga sudah mampir...
    semoga bermanfaat dan kejadian seperti itu tidak dialami siapapun lagi ya ^_^

    ReplyDelete
  21. aku juga pernah nih ngalamin model begini, tp kl aku pertama2 mereka ngamen, eh pas dapetnya cuma dikit (atau ga ngerti jg apa mereka selalu begitu) trs mereka marah2 persisss seperti yang diatas, dan akhirnya yang tadinya pada ga ngasih, dengan terpaksa ngasih mereka uang bahkan yang udah ngasih, ada jg yang ngasih lagi gara2 takut sm preman2 itu.. tapiii alhamdulillahnyaa, aku yg pertama ga ngasih uang, trs udh siap2 uang buat ngasih, ehh malah ga dimintain sama mereka hehehe..
    kayanya kuncinya itu yang penting kita ga lupa berdoa aja yaa :)

    ReplyDelete
  22. iiihh..nyebelin banget tuh... kurang puas dg pendapatannya...

    kalau aku, misalkan mereka mau nyanyi aja, ya dikasih juga, paling gak, ada usaha mereka.. gak langsung minta begitu aja..

    beruntunglah gak dimintain :)
    iya, yg penting berdoa..

    ReplyDelete
  23. kayaknya ini model lama deh... atau mungkin tren ini terulang lagi.. wkwkwk

    hati-hati Iah.. banyak2 doa, semoga Allah selalu melindungi,,,

    ReplyDelete
  24. aduuhh mbaa Ning... jangan sampe jadi tren yg kayak begini siy...ngerii...hihi..

    iya mba, amiin.. makasih do'anya :))

    ReplyDelete
  25. Huhuhu kok serem ya :(
    Kebayang angkot di Jakarta emang serem2 deh. Di BAndung aja aku gak berani naik bis. Lbh milih naik angkot aja beberapa x drpada naik bis. Kebayang gmn di jakarta :(

    ReplyDelete
  26. iya mba, jangan sampe ngalamin ya...
    kalo di bandung lebih aman kan?

    ReplyDelete
  27. ya ampun serem amat.. ku pasti udah turun tuh..

    ReplyDelete
  28. kog ya semua diam saja? kondektur dan sopirnya juga cuek? sindikat nih..

    ReplyDelete
  29. Di kopaja ato metro mini memang banyak bgt yg spt itu, tapi aku makin diancem makin aku gak mau kasih.
    Kalo di angkot biasanya anak2 yg dandannya ala punk, yg baunya ampuuun deh
    Biasanya mereka milih angkot yg isinya perempuan semua, biasa sih sore2 soalnya kalo pagi mereka blm pd bangun.

    Kalo pas diangkot ada yg kyk gitu aku selalu siapin ancang2 buat nendang tu orang + pasang muka sangar, dan sejauh ini blm pernah ada yg beneran bertindak macem2.
    Tp kl mereka macem2 aku 100% siap buat nendang mereka dari angkot, biar tau rasa!!!
    Makin kita takut, makin mereka berani.
    Kl kita gak takut, gantian mereka yg ketakutan.
    Yang paling penting terus2 berdoa...

    ReplyDelete
  30. aku gak mau turun mba, nanti dikira aku takut *padahal iya..hihi..*

    *harga diri masih aja dipake..:p..*

    ReplyDelete
  31. iya, semua diam... mungkin kondektur dan sopirnya juga takut mba... entah.. kulirik, sopirnya masih muda pula, sepertinya seumuran dengan si gempal itu :(

    ReplyDelete
  32. owww..hurufnya kuning. Agak pusing juga sih. Tapi karena isinya penting, saya paksakan baca. Mb. Iah, coba tulisan ini kirim ke koran. Meskipun ini lagu lama, tetap saja beritakan. Oya, sms polisi itu 1717. Dan, terpenting adalah senantiasa dzikir kepada Allah swt

    ReplyDelete
  33. iyaaa.. aku juga begitu.. makin didesak, makin gak mau kasih *kecuali terpaksa*..

    waahh...hebat mba, berani ancang2... kalau aja semua penumpang seperti mba, pasti gak ada yang berani macam2 deh :)

    ReplyDelete
  34. @ sarahzb : salut atas keberaniannya. Memang kita harus melawan. Mempertahankan harta dan diri kita itu termasuk jihad!

    ReplyDelete
  35. maaf bu dokter... iya nih, kuning, bikin silau ya? ntar diganti deh warna hurufnya :)

    iya, mau ditulis juga di koran, supaya semua waspada.
    tadi tuh terfikir juga mau sms polisi, tapi bingung sms polisi gak tau nomernya. nanti nomernya disimpan, buat jaga-jaga. syukron utk infonya bu dokter.

    ReplyDelete
  36. Ish aku jg pernah nemu yg begituuuu ish sebeeel sereeem bikin nyali ciuuuuTt XD
    Waspadalah waspadalah mbak iah!

    ReplyDelete
  37. he eh anty...huhuhu... sereeem..
    semua harus waspada..

    ReplyDelete
  38. Waahhh udh gak kuning lagi, lebih enak dibaca :)

    Aku dari dulu suka dimarahin ayahku kalo berani ngelawan org2 spt itu, tp gimana ya, aku paling gak bisa dilecehkan sama org2 spt itu, juga org2 yg suka gangguin kita kalo lg nunggu kendaraan umum.

    Kalo temenku dl waktu msh pada ting ting kalo pas nunggu kendaraan umum trus ada mobil ato taxi berpenumpang yg nyamperin dan gangguin, mereka pd ketakutan.

    Kl aku langsung jongkok ambil batu, begitu aku udah siap mau melempar mereka pake batu, mereka biasanya udah ngibrit ketakutan... Xi xi xi

    ReplyDelete
  39. lebih adem ya dibacanya? :)

    wew..kereenn... emang, harusnya kita berani melawan orang seperti itu.. klo aku, selama aku bisa ngomelin, aku pasti ngomel-ngomel juga sama pengganggu, tapi klo mereka udah pakai senjata, ngeri juga mau ngomel...hehe.. udah ciut duluan nyalinya, paling diam aja sambil tetap waspada..

    ReplyDelete
  40. iya mbaa.. sereemm.. jangan sampe ngalamin kejadian ini ah..

    ReplyDelete
  41. Jamannya pak Harto ada yang namanya petrus *penembak misterius*. Sasarannya bromocorah dan residivis. Biasanya mereka2 itu bertato, makanya orang2 bertato jaman itu pada panik ngilangin tatonya.

    ReplyDelete
  42. iya mba, pernah dengar juga soal petrus...

    sekarang udah gak ada sepertinya, yg ada kebalikannya, rakyat yg ditembaki penembak misterius...hhmmm..

    ReplyDelete
  43. walah, mana nyaman naik kendaraan umum kalo begini? wahai penguasa, mbok ya diliat to ni rakyatnya pada kaliren..

    ReplyDelete
  44. nah itu dia... mungkin itu juga alasannya kenapa sekarang lebih banyak orang yg naik kendaraaan pribadi dari pada kendaraan umum, udah gak aman, sering bau asap juga kendaraannya (rusak mesin), supir pun kadang ugal-ugalan...

    penguasanya lagi sibuk sendiri-sendiri nih :p

    ReplyDelete
  45. kalo mau keluar rumah baca doa dulu...

    ReplyDelete
  46. betul... berdo'a, senjata orang mu'min :)

    ReplyDelete
  47. saya doakan selamat di angkot..kalo lain kali naik angkot
    serem tuh, sekarang di angkot ada pencopetan, perampokan, pemerkosaan
    masyaAllah

    ReplyDelete
  48. amiin.. makasih do'anya mba.. :)
    iya mba.. banyak preman di angkot.. makanya lega juga pas tau dirazia..

    ReplyDelete