Tuesday 8 November 2011

Swatch-ku..

Ehmm... pertama kali kenal jam Swatch, waktu aku masih di SMP, itu pun taunya dari majalah "Gadis", majalah remaja yang sekarang entah masih ada atau udah almarhum ya? Waktu sedang membolak balik majalah yang juga kebetulan bukan milikku sendiri (pinjem teman), di salah satu iklannya ada iklan jam tangan Swatch. Kalo gak salah modelnya dari berbagai bangsa, dari yang orang Afrika, Asia sampai orang Amerika dan Eropa. Menarik perhatian. Apalagi pas liat jamnya. Wah bagusnya. Pengen banget punya jam kayak yang ada di dalam majalah itu. Tapi berhubung masih anak sekolah, aku gak mampu belinya. Jangankan buat beli jam Swatch, buat beli buku aja harus ngumpulin uang dulu beberapa hari. Ya udah, itu Swatch cuma ada dalam angan-angan.

Sementara blum bisa beli swatch, aku beli jam yang lain. Dari yang merk Tag Heuer bohongan, jam tangan digital plastik, sampai jam tangan beli di katalog bank, belinya juga titip lewat kartu kredit teman. Rusak, ganti, rusak, ganti lagi. Begitu seterusnya. Rata-rata aku kalau pakai jam lumayan awet. Bisa sampai bertahun-tahun. Bahkan, saking awetnya, walaupun jam itu udah gak ada talinya, asalkan masih bisa dipake, ya dibawa aja, masuk dalam tas.

Tapi walau begitu sampai aku akhirnya sudah kerja, jam Swatch itu tetap teringat-ingat. Walaupun belum bisa beli dan belum tahu juga mau beli dimana. Mau beli di Mall, rasanya gak pede banget. Kenapa? Tanganku spesial. Terlalu mungil. Malu aja rasanya kalau mau beli trus nanti SPG-nya nyobain jam tangan itu ke tanganku.. Oowchh.. Gak mau pokoknya. Nanti dikira tangan anak kecil...hehe.. 

Sampai akhirnya bisa beli di mba Sandra. Senangnyaaa.. Apalagi baru tahu kalau ternyata Swatch itu ada ukuran Lady-nya, yang diameternya lumayan cocoklah dengan tangan mungilku. Jadi Swatchku itu haruslah yang type Lady. Sejak saat itu, mulailah aku bisa memburu (kalau kebetulan ada uang) dan mengagumi (kalau gak punya uang atau swatch-nya ukuran besar :p) Si Swatch idaman.

Sukanya dengan Swatch itu, model-modelnya unik. Tiap edisi berbeda model. Beragam. Kadang sampai gak terfikirkan sama sekali ada yang model semacam itu. Ada koleksi-koleksi yang bisa bikin aku ketawa cekikikan. Ada juga yang bikin kagum. Bahkan ada yang bikin aku kesengsem, karena desainnya yang girly. So sweet deh pokoknya.

Tapi walaupun begitu, aku tetap selektif memilih. Paling gak, yang aku beli, harus ukuran Lady. Kalau gak, gak mungkin aku bisa pake...hehe..
Swatch ukuran lain? ya sekedar mengagumi aja. Tapi pernah aku ikut lelang Swatch, di tempat mba Sandra juga, dan dapat yang ukuran agak besar, bukan yang Lady. Ternyata.... cocok juga lho di tanganku...hehe.. Keren pokoknya. Sampai adekku naksir.  

Swatch yang kupakai sehari-hari, yaitu yang kudapat dari hasil lelang. Walaupun semua komponennya dari stainless steel, tapi modelnya ikatannya kayak karet, dan yang paling penting tetap bisa kupakai tanpa rasa minder sama tangan mungil dan cungkring ini (itulah hebatnya jam favorit yang ini)...hehe.. Kalau lagi pake jam itu, serasa pakai gelang deadlock, suka aja, keren. Bisa jadi jam, bisa jadi gelang juga. Dan anehnya, kalau aku pakai Swatch yang ini, tangan mungilku jadi kelihatan lebih besar...hihi.. *efek apakah itu?*

Kebanyakan yang aku incar atau yang jadi favoritku, memang Swatch yang terbuat dari stainless steel, karena kelihatan lebih kokoh aja, menurutku lho. Tapi yang model plastik pun asyik juga dipakenya, apalagi dengan corak yang lucu-lucu. Senang pakenya.

Hanya sekarang-sekarang ini, yang membuat sebel, sepertinya desainer Swatch lagi kehilangan ide merancang. Sekalinya keluar edisi yang baru, itu hanya satu model dan itu hanya warnanya aja yang dibedakan.. hikss. sedih aja, gak bisa liat model yang lucu lagi. Tapi mudah-mudahan, tahun depan, model Swatch akan kembali beragam. Semoga.

Yah, begitulah, kesanku tentang jam tangan Swatch. Walaupun aku gak terlalu tahu macam modelnya, tapi yang jelas aku suka banget dengan Swatch.
Emm... kalau teman-teman ada yang mau tahu lebih dalam lagi soal Swatch, tanya aja sama mba Sandra. Beliau ini pakarnya Swatch, tahu banget model-modelnya dan tahun bikinnya kapan.. Sampai mendetail. Wah salut deh pokoknya.. Sampai aku sendiri heran...hehe..

tulisan ini diikutsertakan disini


37 comments:

  1. pertamax..
    majalah GADIS masih ada
    n ukurannya jadi sebuku tulis, gak lebar lagi kayak dulu

    ReplyDelete
  2. ooh.. masih ada, udah lama gak pernah beli majalah remaja (ya iyalah, udah bukan remaja lagi....hehe... :p)

    ReplyDelete
  3. Swatch anak-anak saya dulu dari bahan semacam karet yang seperti plastik itu lho, apa tuh namanya? Warna merah karena masih anak-anak, jadi ada gambar cemennya juga.
    Bisa dipake berenang beneran lho!

    ReplyDelete
  4. namanya gak tau bunda, ya aku nyebutnya dari plastik..hehe..
    iya bunda, memang ada yang bisa untuk berenang, tahan air beberapa meter gitu bun.. keren ya ^_^

    sekarang juga banyak yg dari plastik, lucu-lucu modelnya...

    ReplyDelete
  5. swatch? lupa hehe waktu kecil sering dibeliin jam tangan tapi gak pernah make soalnya, baru SMA deh rajin, itupun jam tangannya masih awet sampe sekarang

    ReplyDelete
  6. @ priyo : keren banget bisa awet sampe sekarang.. punyaku ya paling awet 5 tahunlah... rata2 talinya dulu yang putus, lama2 jamnya mati..hehe..

    ReplyDelete
  7. jam swatch ku satu2 nya tuh oleh2 dr mantan =D
    skrg ga pnah d pk lg, hihihi..

    ReplyDelete
  8. aku juga kalo make jam awet bgt bertahun2 hihi sampe pernah dibawa nyelam ke laut gak sengaja, ketinggalan di pantai bayah 3 bulan, sampe kelempar dari mobil, eh ndilalah masih jodoh aja sampe sekarang hihihi...

    ReplyDelete
  9. @ heni : gak dipake karena dari mantan ya? hihi.. dihibahin aja kesini hen *nglunjak minta ditimpuk :p*

    @mba ari : waahh... jam-nya harus bener2 tahan banting ya? hihihi..
    aku juga bgitu, klo pake barang, harus tahan banting barangnya, gak disayang2.. eehhmm.. trus berarti jamnya masih dipake dong... :)

    ReplyDelete
  10. Thank you iah for sharing. Besok aku upload picnya yaa *muach muach*

    ReplyDelete
  11. @ mba sandra : iya mbaaa.. sama-sama tengkyuu... ok ntar aku ikutan vote juga..hehe *muah juga*

    ReplyDelete
  12. wah keren jamnya... emang jodoh...hehe..

    ReplyDelete
  13. jadi koleksi jam-nya berapa mbak??

    dulu tuh ak suka heran ama orang yang beli jam tangansampai berjuta-juta, kirain jamnya jadi beda, bisa tambah lama atau tambah cepet dari jam yang murah hehehehehe

    ReplyDelete
  14. Yang penting arlojinya nyaman dipake dan serasa matching dg tangan.

    ReplyDelete
  15. Sampe skrng sy blm pernah punya jam tangan..

    ReplyDelete
  16. Belum punya jam tangan yg merek swatch... Tapi sering ngelirik kali di mall, emang bagus2. Baru tau ada swatch yg utk anak2, pengen beliin buat keponakan ah...

    ReplyDelete
  17. eehmm.. berapa ya? ada 5...hehe..
    jamnya sih tetep sama mba... tapi tergantung juga sih, kalau orangnya suka ngaret ya tetep lambat...hihi..

    ReplyDelete
  18. betul mas iwan, nah karena yg stainless steel itu nyaman, makanya dipake tiap hari :)

    ReplyDelete
  19. kalo mau liat jam berapa liat dimana mas? pake hp ya?
    saya juga suka begitu kalau kebetulan jam lagi ketinggalan, atau tanya orang :)

    ReplyDelete
  20. iya, modelnya kreatif kan? ada yg lucu ada yg serius, ada yg galak penampilannya :)

    ReplyDelete
  21. Kalo sekarang ya lewat hp. Kalo dulu pas blm jaman hp, nanya2 sama celingakcelinguk nyari jam dinding...

    ReplyDelete
  22. hehe...
    atau mengira2? saya kadang mengira-ngira aja, sekitar jam segini, gitu... :p

    ReplyDelete
  23. itu majalah gadis jadi langganan ponakan loh, bentuknya lebih mini..

    swatch nih.. tooozzz.. awet ya jamnya..

    ReplyDelete
  24. makasih mba aline, iya yg dipake itu favorit, warna bagian tengahnya agak ungu campur biru ^_^
    kemana aja mba? kangen deh...

    ReplyDelete
  25. iya mba tin, kirain udah gak ada majalah gadis... ternyata bentuknya lebih mini sekarang ya..hihi.

    toss juga.. iya, awet jamnya.. ^_^

    ReplyDelete
  26. itu lomba hari ini toh deadlinenya.. :D semoga menang ya..

    ReplyDelete
  27. iya mba, aku juga baru inget semalem... makanya buru2 foto, langsung upload...hihi.. kirain batas waktu sampe sabtu besok..

    amiin.. makasih do'anya mba :)

    ReplyDelete
  28. iya?...*toss juga sama anty :D*

    ReplyDelete
  29. Toss, mbak. Aku pun syuka swatch. SMA dibeliin ortu, awet bertahun2. Ganti tali sih sekali krn patah. Krn liat swatch-ku awet, bapakku (alm) ikut beli. Trus ibuku & adekku yg cowok. Kl adek yg cewek, baru beli bbrp hari or minggu, hilang! Diomelin serumah ^_^. Skrg ngga pake swatch tp pingin punya lagi *kangen*.

    ReplyDelete
  30. waahh... mba sitha sekeluarga penggemar swatch ternyata ya.. iya, walaupun aku baru beli belakangan ini, tapi aku tau pasti swatch itu awet, soalnya sampai bisa jadi koleksi bertahun-tahun (liat pengalaman mba sandra, dkk).. wah, sayang banget sampai hilang begitu ya mba, pantes aja klo adeknya diomelin orang serumah...hehe.. sekarang swatch-nya kemana mba? pake lagi mba ^_^

    ReplyDelete
  31. Ngga inget dimana. Dua kali rumah ibuku kebanjiran, barang2 banyak yg entahlah di gudang or tumpuk2an di laci2 :(. Yg jelas pasti di sana, ngga kubawa ke sini.

    ReplyDelete
  32. ooh begitu, semoga masih ada ya mba swatch-nya :)

    ReplyDelete
  33. Majalah Gadis masih beredar, Mb. Tapi ukurannya lebih kecil. Penghematan kale, yak? ^_^

    Ngomong2 soal jam, dulu Al naksirnya sama BabyG yang pink. tapi g pernah kebeli. Hahahha.... Sekarang masih ada g ya?

    ReplyDelete
  34. iya, kemaren penasaran ke tukang majalah, mau liat yg kayak gimana majalah Gadis sekarang.. kecil, agak lebih besar kayak buku tulis...hehe...

    baby G? gak tau masih ada apa gak..hehe.. bentuknya gede gitu yaa :)

    ReplyDelete