Tuesday 14 April 2009

Amal yang tiada putus

Pernahkah kita memikirkan, apa yang akan kita tinggalkan bila kita telah menghadap Illahi Robbi nanti? Marilah kita fikirkan tentang amal yang tiada terputus ketika kita telah meninggal dunia. Selain do’a anak kepada orangtuanya, amal jariah, dan yang terakhir adalah ilmu yang bermanfaat, ilmu yang tiada putusnya diamalkan oleh orang lain. Ilmu apa? Ilmu apapun asalkan berguna bagi kebaikan orang lain, insya allah akan menjadi ladang amal kita di alam barzakh nanti.

Membicarakan tentang ilmu yang bermanfaat, aku jadi ingat seseorang yang sampai kini masih memberikan ilmu yang dimilikinya, walaupun beliau itu telah meninggal. Aku pun baru mengenalnya secara tidak sengaja ketika kubuka-buka blog secara acak. Rencananya mau cari resep masakan..hehe… Cari-cari resep, kemudian masuklah aku pada satu blog, yang menurutku cara penyajian blog-nya menarik. Tata letak dan lain-lainnya menarik. Sering resep-resep juga ditambahi dengan cerita sang pemilik blog yang kemudian ku tahu dipanggil akrab dengan panggilan bunda inong. Cara bunda bercerita tentang kedua anaknya, menampakkan bahwa beliau sangat menyayangi kedua buah hatinya. Dari blog bunda kudapatkan banyak resep masakan yang cukup variatif tapi mudah untuk dipraktekkan (memang itu yg ku cari, klo susah dipraktekkin jadi males bikinnya…hehe).

Setelah beberapa hari ambil resep-resep dari bunda (dipraktekkin juga loh), baru kuketahui dari message yang ada bila sang empunya blog itu telah meninggal kira-kira 3 tahun yang lalu. Innalillahi Wa Inna Ilaihi Roojiuun. Sedih juga. Tapi umur kita Allah jualah yang menentukan. Tapi yang jadi pemikiranku bahwa walaupun bunda telah meninggal lama, tapi blognya selalu dikunjungi orang untuk ambil resep-resepnya. Sering juga yang ambil resep mendo’akan bunda inong. Fikirku, walaupun bunda sudah gak ada, tapi seakan kehidupannya tidak pernah mati. Ilmu yang dimilikinya selalu mengalir menjadi ladang amal kebaikan buat bunda, insya allah.

Emm.. sekarang kufikir-fikir, bisakah aku nanti jadi seperti bunda inong yang walaupun sudah meninggalkan dunia ini, tapi tetap dapat beramal dan memberikan kebaikan buat orang lain? Insya Allah diusahakan.

No comments:

Post a Comment