Monday, 3 October 2011

(tanya) : ada yang tau berapa kira2 biaya mengurus pembuatan sertifikat rumah di notaris? apakah biayanya tergantung luas rumah, atau sama saja?

18 comments:

  1. Disini 5-7% dari harga rumah......gak tau di RI...

    ReplyDelete
  2. ooh... segitu udah terima beres ya pak de? gak ada embel2 biaya lain..^_^

    ReplyDelete
  3. Gak mungkin, di RI lain aku dulu jual Rumah Tanah..kena pajak 10%, tetapi lebih baik tanaya Notarnya saja, di Indonesia kan gak ada daftar harga...anehnya

    ReplyDelete
  4. kalo disini suka ada biaya lain pak de..
    iya, katanya ada biaya pajak juga... emm... iya ya.. tanya langsung notaris ya.. ^_^

    ReplyDelete
  5. setahu saya biaya notaris di sini sekitar 1,5 juta say...
    kl biaya sertifikat dan lain2 disiapin aja sekitar 15 -20% dari harga rumah..

    ReplyDelete
  6. maksudnya biaya notaris sama biaya bikin sertifikatnya dibedain ya mba? jadi total yg harus dibayar, biaya notaris+biaya sertifikat?
    lumayan ya harganya mba...

    ReplyDelete
  7. tahun lalu saya beli rumah, biaya notarisnya 1 % dari NJOP. Biaya tersebut untuk cek sertifikat di BPN, validasi pajak, dan proses jual beli + balik nama.

    ReplyDelete
  8. oh jadi patokan utk notarisnya dari NJOP?
    ntar dicek ah NJOP rumah brp..
    kalo yg rumah mba, berarti udah jadi sertifikatnya ya? jadi tinggal dicek aja, gitu?
    makasih infonya mba Ning..^_^

    ReplyDelete
  9. iya, aku beli rumah yang udah jadi sertifikatnya, jadi tinggal dicek di BPN. Kalau beli dari developer kan biasanya sertifikat induk yang belum dipecah.
    aku gak tau juga ya, itu patokan apa bukan. Tapi kok kebetulan banget biaya notarisnya kurang lebih 1% NJOP hehehe

    biaya itu diluar pajak jual beli yah.. :)

    ReplyDelete
  10. saya dulu beli rumah di perumah begitu..
    ada biaya asuransi kebakaran, biaya sertifikat, biaya notaris, biaya pajak.. apalagi ya.. lupa.. hehehe...
    supaya aman, kisaran uang cash yg harus kita sediakan segitu saya... antara 15 -20% dari harga rumah..

    ReplyDelete
  11. iya, 1%, meringankan kita ya mba...hehe..
    kalaupun bukan patokan, paling gak udah ada gambarannya mba ^_^

    ReplyDelete
  12. oohh.. oke..
    jadi paling gak ada tiga komponen biaya yang harus disiapkan ya mba, biaya sertifikat, notaris dan pajak.. ^_^

    ReplyDelete
  13. waduh aku lupa deh berapa persennya.. tapi dulu tahun 2007, ngurus semuanya (notaris, pajak BBN, asuransi, PBB dll) abis 10 juta-an

    ReplyDelete
  14. ooh... segitu ya mba... itu tahun 2007... mudah2an tahun 2011 tetep segitu, atau beda dikiit ya...hehe :p

    ReplyDelete
  15. dulu ya.. 10 tahun lalu kalu ga salah.. ke notaris saja konsultasi 500ribu.. urus semua 8jutaan deh.. sesuai perjanjian saja..

    ReplyDelete
  16. 10 tahun yg lalu 8 juta... wah.. kalo sekarang... mudah2an gak terlalu jauh bedanya ya mba...hehe *ngarep*

    ReplyDelete